BLOGGER PUSTAKAWAN DALAM TAHAP MAINTENANCE... ...WELCOME TO PORTAL BLOGGER PUSTAKAWAN... AYO BACA DAN NULIS YUUK... DI BLOGGER PUSTAKAWAN... BERBAGI INFORMASI ITU INDAH..!!! Profile Perpustakaan Khusus Kementerian Pekerjaan Umum (PU) ~ BLOGGER PUSTAKAWAN

Senin, 21 Januari 2013

Profile Perpustakaan Khusus Kementerian Pekerjaan Umum (PU)

Perpustakaan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) merupakan perpustakaan khusus yang koleksinya tersebar di masing-masing unit kerja tingkat eselon 2.

Seiring dengan perubahan struktur organisasi pada tahun 2005, dimana Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal mendapat tugas sebagai koordinator perpustakaan di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan bersama-sama dengan perpustakaan Sekretariat SDA dan Bina Marga bersama-sama menempati Gedung Pusdata. Diharapkan dengan penggabungan tersebut dapat dijadikan cikal bakal terbentuknya Perpustakaan Pusat Kementerian Pekerjaan Umum, sehingga dapat meyajikan data dan informasi bidang ke-PU-an kepada masyarakat luas, secara cepat dan menyeluruh.

Perpustakaan Kementerian PU telah memanfaatkan teknologi informasi berupa fasilitas jaringan komputer untuk mengakses unit-unit perpustakaan di lingkungan Kementerian PU.

Jenis koleksi Perpustakaan Kementerian Pekerjaan Umum meliputi keteknikan bidang Sumber Daya Air, Jalan Dan Jembatan, permukiman dan perumahan, penataan ruang serta informasi umum lainnya, yang terdiri dari :

- Buku, terbitan tahun 1757 sampai 2006

buku tua
Salah satu koleksi buku langka, Batavia karangan Van Ress tahun 1881

- Laporan hasil studi,

- Standar Konstruksi dan Bangunan (SNI), Standar Asing (ASTM, DIN, AASHTO)

astm

- Makalah

- Majalah/ Guntingan Berita.

- Audio Visual, dan lain-lain.


Fasilitas yang dimiliki oleh perpustakaan Kementerian Pekerjaan Umum antara lain adalah :

- Ruang Multimedia

Terdapat televisi dan DVD/VCD yang bisa diakses bebas untuk memutar koleksi Audio Visual Kementerian Pekerjaan Umum dan saat ini telah dilengkapi jaringan TV berlangganan sehingga pengunjung perpustakaan dapat memperoleh informasi dari seluruh dunia . Ruang multimedia juga dilengkapi dengan seperangkat sofa yang nyaman dan menarik.

- Ruang Baca

Ruang baca perpustakaan Kementerian Pekerjaan Umum didesain khusus yang bertujuan membuat para pengunjung perpustakaan nyaman dalam membaca. Ruang tersebut dilengkapi dengan penyejuk ruangan (AC) yang dingin agar menambah kenyamanan dalam membaca.

- Tempat Penyimpanan Barang/Loker

Tempat penyimpanan barang bertujuan untuk menjaga keamanan pengunjung dan koleksi perpustakaan sehingga kenyamanan perpustakaan terjamin.

- Komputer

Perpustakaan Kementerian PU memiliki beberapa unit Komputer untuk menelusuri/mencari koleksi secara on-line (katalog digital). Komputer tersebut terkoneksi bebas ke jaringan internet

- Foto copy

Terdapat jasa pelayanan foto copy untuk membantu aktivitas pengunjung dan pengelola perpustakaan

SIMPUSTAKA
Ide awal dibuatnya jaringan SIMPUSTAKA Kementerian PU ini ialah : Bagaimana melakukan pencarian buku/bahan ada di seluruh Unit Perpustakaan di lingkungan Dep. PU cukup dengan mengakses melalui pu-net dari komputer di ruangan masing-masing.  Selain itu dimaksudkan juga sebagai wahana untuk penyelamatan aset pustaka berupa hasil-hasil studi/kajian yang telah dilakukan, khususnya pada era Dep. PU maupun era Departemen sebelumnya, sekaligus sebagai bukti bahwa Dep. PU melakukan akuntabilitas terhadap salah satu kinerjanya dengan melakukan penyelamatan aset terhadap hasil-hasil studi kedalam SIMPUSTAKA. SIMPUSTAKA Dep. PU nantinya diharapkan dapat mencerminkan suatu Unit Perpustakaan suatu instansi yang mengoleksi sebagian besar hasil-hasil studi yang pernah dilakukan (“grey literature”), sehingga keberadaannya patut mendapatkan satu tempat karena koleksi bahan pustakanya yang “unik” tidak akan dapat dijumpai secara lengkap diluar Unit Perpustakaan Dep. PU.

Perpustakaan Dep. PU sebenarnya lebih merupakan suatu jaringan Perpustakaan yang memfasilitasi informasi bahan pustaka yang dimiliki oleh masing-masing Unit Perpustakaan melalui SIMPUSTAKA Dep. PU. Lokasi fisik Perpustakaan Dep. PU ini tersebar di masing-masing Satminkal di lingkungan Dep. PU, dimana masing-masing Unit Perpustakaan dapat sharing data secara on-line atas bahan pustaka khususnya hasil-hasil studi yang dimiliki kedalam server SIMPUSTAKA yang tersimpan di Pusdata.

Jadi jaringan SIMPUSTAKA  dapat diakses oleh pengguna dari mana saja (berbasis web), yang akan memberikan informasi dan pencarian hasil-hasil studi maupun literatur yang dapat dilakukan dengan menggunakan kata kunci : judul, penulis, penerbit, tahun terbit, subyek, abstraksi, dan lokasi pustaka.

Sebagai dasar hukum difungsikannya SIMPUSTAKA adalah :

  •     Surat Edaran Sekjen No.: 08/SE/SJ/2003, tanggal 27 Juni 2003
    Ditujukan kepada: Para Pejabat Eselon I dan II di lingkungan Dep. Kimpraswil.
    Perihal : Pemanfaatan Jaringan Informasi Kepustakaan (SIMPUSTAKA) oleh Unit Pengelola Perpustakaan dan Pengguna di lingkungan Departemen Kimpraswil.
  •     Disposisi Menteri atas SE Sekjen No.:08/SE/SJ/2003,27Jun2003
    Ditujukan kepada: Para Pejabat Eselon I dan II di lingkungan Dep. Kimpraswil.
    Arahan Menteri : Edaran ini perlu ditindaklanjuti agar dalam tahun 2004 seluruh Satminkal sudah dapat menampilkan SIMPUSTAKA-nya secara lengkap. Saya akan cek pada pertengahan bulan Juli seluruh Satminkal.
  •     Kepmen Kimpraswil No.175/KPTS/M/2004,tgl 24 Pebruari 2004
    Perihal: Pembentukan Tim Pembina Pemanfaatan Jaringan Informasi Kepustakaan (SIMPUSTAKA) Departemen Kimpraswil.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

bloggerpustakawan@gmail.com

Our Cliants

BLOGGER PUSTAKAWAN DALAM TAHAP MAINTENANCE... ...TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA..!!!